London Aquatics Centre untuk Olimpiade 2012

Unknown 10:34:00
  • Location                              : Westminster, London, UK
  • Architects                            : ZahaHadid Architects
  • Project Team                      : Alex Bilton, Alex Marcoulides, Barbara Bochnak, Carlos Garijo, Clay Shorthall, Ertu Erbay, George King, Giorgia Cannici, Hannes Schafelner, Hee Seung Lee, Kasia Townend, Nannette Jackowski, Nicolas Gdalewitch, Seth Handley, Thomas Soo, Tom Locke, Torsten Broeder, Tristan Job, Yamac Korfali, Yeena Yoon
  • Client                                  : Olympic Delivery Authority
  • Main Contractor                  : Balfour Beatty
  • Area                                    : 15950.0 sqm
  •  Project Year                       : 2011


Konsep arsitektur Aquatic Centre London terinspirasi oleh geometri cairan air bergerak, menciptakan ruang dan lingkungan sekitarnya yang mencerminkan lanskap sungai dari Olympic Park. Atap bergelombang menyapu naik dari tanah sebagai gelombang - melampirkan kolam dari Pusat dengan sikap pemersatu fluiditas, sementara juga menggambarkan volume berenang dan menyelam kolam.

Aquatics Centre dirancang dengan fleksibilitas yang melekat untuk mengakomodasi 17.500 penonton untuk Olimpiade London 2012 dalam mode 'Olimpiade' sementara juga menyediakan kapasitas penonton optimum 2000 untuk digunakan dalam mode 'Legacy' setelah Olimpiade.

Aquatics Centre terdapat dalam Master Plan Olympic Park. Diposisikan di tepi selatan timur Olympic Park dengan kedekatan langsung ke Stratford, akses pejalan kaki baru ke Olympic Park melalui jembatan timur-barat (disebut Jembatan Stratford City) melewati langsung di atas Pusat sebagai pintu gerbang utama ke taman. Beberapa jembatan penyeberangan yang lebih kecil juga akan menghubungkan area ke Olympic Park atas kanal yang ada.


The Aquatic Centre membahas ruang publik utama implisit dalam strategi perencanaan Olympic Park dan Stratford Kota: koneksi timur-barat dari Jembatan Stratford Kota dan kelanjutan dari Olympic Park sepanjang kanal.

Aquatics Centre direncanakan pada sumbu orthogonal yang tegak lurus ke Jembatan Stratford City. Semua tiga kolam renang yang selaras pada sumbu ini. Kolam pelatihan terletak di bawah jembatan dengan persaingan dan menyelam kolam yang terletak di dalam aula kolam besar tertutup oleh atap. Strategi keseluruhan adalah untuk membingkai dasar kolam renang aula sebagai podium terhubung ke jembatan Stratford Kota.

Elemen podium ini berisi berbagai program yang berbeda dan selular dalam volume arsitektur tunggal yang dipandang harus benar-benar berasimilasi dengan jembatan. Podium muncul dari jembatan ke kaskade sekitar kolam renang aula untuk tingkat yang lebih rendah dari kanal.


Aula kolam dinyatakan di atas podium dengan atap besar yang lengkungan sepanjang sumbu yang sama seperti kolam renang. Bentuknya yang dihasilkan oleh sightlines dari 17.500 penonton dalam mode Olimpiade. Dua lengkungan geometri telah digunakan untuk menghasilkan struktur lengkung parabola yang menciptakan karakteristik unik dari atap. Atap bergelombang untuk membedakan antara volume kolam kompetisi dan kolam menyelam. Memproyeksikan luar kolam renang aula amplop, atap meluas ke daerah-daerah luar dan pintu masuk utama di jembatan yang akan menjadi akses utama dalam mode Legacy. Secara struktural, atap didasarkan pada 3 posisi utama dengan pembukaan antara atap dan podium digunakan untuk tempat duduk penonton tambahan dalam modus Olimpiade, maka dalam-diisi dengan façade kaca dalam mode Legacy.



Sumber: Arch Daily

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »
Architecture Inside. Powered by Blogger.